Putu Felisia

Sabtu, 20 Juli 2024

Financial Freedom: Kemandirian Finansial dan Manfaatnya untuk Masa Depan

Saya sering sedih kalau dengar teman-teman (terutama perempuan) yang punya kesulitan dalam membelanjakan uangnya. Selain ada yang mengalami kekerasan ekonomi, beberapa teman memang punya masalah keuangan dan terhimpit biaya rumah tangga dan anak.

Karena itu, belajar tentang kemandirian finansial saya rasa sangat penting. Maklum, walau katanya uang tidak bisa membeli segalanya, tapi, uang bisa membuat kita melakukan banyak hal. Betul apa betul? :D



Lalu apa itu kemandirian finansial, mengapa kita harus mandiri finansial dan bagaimana cara mandiri finansial? Yuk, kita bahas sama-sama di sini!



Mandiri secara finansial adalah life goal banyak orang. Maklum saja, kondisi mandiri finansial ini memberikan sumber daya keuangan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan seseorang tanpa harus bergantung pada orang lain.

Mengapa Harus Mandiri Finansial?

Istilah mandiri finansial mungkin masih asing bagi beberapa orang. Kultur dan agama juga kadang membuat edukasi keuangan menjadi diabaikan. Maklum saja, beberapa ayat kitab suci memang mengatakan kalau uang sumber kejahatan hingga orang kaya susah masuk surga.

Hasilnya adalah kurangnya pengetahuan finansial dan juga membuat orang kesulitan mengatur keuangan. Padahal, kemandirian finansial memberikan beberapa manfaat sebagai berikut:

 

1. Kebebasan Membuat Pilihan Hidup


manfaat mandiri finansial


Dengan mandiri secara finansial, seseorang memiliki kebebasan untuk membuat pilihan hidup tanpa dibatasi oleh masalah keuangan. Tak hanya bisa berhenti dari pekerjaan yang lingkungannya buruk dengan bos toxic yang bikin emosi, kita juga siap terhadap kemungkinan PHK, ada peluang memulai bisnis sendiri, atau bahkan pensiun dini. Apapun pilihanmu, kamu bisa menjalani hidup sesuai visi dan misi pribadi, termasuk dalam pernikahan.


Baca juga:

Mengenal Boundaries dalam Hidup

 

2. Memiliki Keamanan dan Ketahanan Finansial

Kemandirian finansial memberikan rasa aman karena seseorang tidak perlu khawatir tentang keadaan darurat keuangan. Memiliki tabungan dan investasi yang cukup memungkinkan seseorang untuk menghadapi situasi tak terduga. Risiko PHK, keadaan medis yang membutuhkan biaya besar, semua bisa dihadapi tanpa perlu meminta bantuan orang lain.

 

3. Bisa Mengembangkan Diri dengan Bebas

Ketika seseorang tidak lagi harus fokus pada masalah keuangan sehari-hari, mereka memiliki lebih banyak waktu dan energi untuk mengembangkan diri. Kita bisa melanjutkan pendidikan, mengambil kursus untuk mengasah skill, atau sekadar menekuni hobi.

 

4. Meningkatkan Kesejahteraan Mental dan Emosional

manfaat mandiri finansial


Masalah keuangan sering kali menjadi sumber stres dan kecemasan. Dengan mencapai kemandirian finansial, seseorang dapat mengurangi beban mental ini. Gimana pun, hidup tanpa kekhawatiran finansial memberikan perasaan tenang dan puas, benar nggak? :D

 

5. Mempersiapkan Warisan untuk Anak Cucu Kita

Kemandirian finansial tidak hanya bermanfaat bagi kita saat ini, tetapi juga untuk keturunan kita nantinya. Nggakmau kan kita menjadi toxic parents yang hanya bisa membuat anak jadi generasi sandwich? Nah, dengan mandiri finansial ini, kita bisa memberikan awal yang baik dalam hidup mereka. Kita juga bisa mengajarkan anak untuk belajar memanage keuangan dalam keluarga.

 

Cara Menuju Kemandirian Finansial

Tentunya, kalau kita ingin mencapai kemandirian finansial, kita harus disiplin dalam membuat perencanaan. Merencanakan keuangan sangatlah penting. Kita juga bisa melakukan beberapa hal berikut ini:


cara mandiri finansial


  1. Membuat Anggaran untuk mengetahui dan mengatur pendapatan dan pengeluaran bulanan.
  2. Mengurangi Utang. Jika terlanjut berutang, utamakan membayar utang dengan bunga tinggi terlebih dahulu dan menghindari utang baru.
  3. Menabung dan Berinvestasi: Setelah memenuhi kebutuhan dan pembayaran rutin, kita perlu menyisihkan sebagian pendapatan untuk tabungan darurat dan investasi jangka panjang. Tentunya ada banyak pilihan investasi yang bisa dipilih, misalnya asuransi, atau deposito.
  4. Meningkatkan Pendapatan melalui pekerjaan sampingan atau investasi yang menguntungkan.
  5. Terus belajar tentang keuangan pribadi dan investasi untuk membuat keputusan yang lebih baik.


Baca juga:

Kenalan dengan Komunal DepositoBPR


Kemandirian finansial bukanlah hal yang muluk-muluk dan merupakan hal yang layak diperjuangkan. 

tujuan mandiri finansial


Siapa saja bisa mencapai kemandirian finansial dengan cara yang tepat. Dengan tekad dan perencanaan yang pas, kita bisa mandiri finansial dan mendapatkan manfaat luar biasa dari uang tanpa khawatir akan masa depan.

Referensi:

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-semarang/baca-artikel/16597/Mewujudkan-Impian-Financial-Freedom-Langkah-Langkah-Menuju-Kemandirian-Keuangan.html

Sang Penulis

Baca Juga

Komentar

19 komentar:

  1. Mandiri secara finansial memang impian setiap orang. Kuncinya memang disiplin menabung, investasi dan hidup hemat. Very nice 👍 sharing

    BalasHapus
  2. Sebagai wanita wajib mandiri finansial yaa karena kebutuhan hidup tuh adaa aja dan wajib saving untuk dana darurat. Selain cari job Tambahan juga kudu pinter atur uang.

    BalasHapus
  3. Bener sih. Stres tuh kadang memang muncul karena faktor ekonomi. Sehingga, kemandirian finansial kayak bisa menghindarkan kita dari stres gitu lah.

    BalasHapus
  4. Nah harus banget nih jaman sekarang mandiri secara finansial, apalagi buat yang jadi generasi sandwich kudu beneran tahan banting

    BalasHapus
  5. penting untuk mandiri secara finansial, tentunya perlu diimbangi dengan pengelolaan keuangan dengan baik dan terorganisir

    BalasHapus
  6. Kemandirian finansial harus dibarengi juga dengan edukasi finansial sejak dini kepada anak ya.. sedini mungkin diberitahukan bagaimana cara mengelola uang yang baik

    BalasHapus
  7. Berinvestasi nih yang masih dalam proses perjuangan. Setidaknya kestabilan sudah mulai terasa, sehingga tingkat stres sudah menurun banyak. Nah, karena banyak instrumen investasi, jadi masih sambil mempelajari hingga nemu yang pas.

    BalasHapus
  8. Padahal kalau dibalik, dengan memiliki uang yang banyak kita bisa lebih banyak beramal, bisa lebih leluasa memberi bantuan tanpa perlu mikir-mikir ya kak. Kenapa gitu yang digembar-gemborkan justru susah-susah, sedih-sedih, hal-hal yang menakutkan tentang uang hihi.. Kenyataannya, banyak kriminal terjadi saat orang tidak punya uang huhu..

    BalasHapus
  9. Setuju banget, perempuan juga harus mandiri secara finansial. Jadi teringat apa kata dosenku dulu, banyaknya KDRT di lingkungan sekitarnya karena suami merasa berkuasa dengan segala keuangan yang ditanggungnya. Tapi beda lagi kalau sang istri punya usaha sendiri.

    BalasHapus
  10. Penerapan langkahnya ini harus konsisten tentunya, biar cita-cita mandiri finansial ini dapat terwujud sesuai harapan

    BalasHapus
  11. Mandiri finansial itu mudah kok, asal ada uangnya
    Hahaha
    Becanda
    Memang, kita harus mulai dini ya fokus berusaha agar bisa meraih kemandirian finansial

    BalasHapus
  12. Penting bgt kak buat mempersiapkan diri kita dlm menuju kebebasan finansial. Tentunya kita hrs bekerja/berwirausaha demi mendapatkan upah/penghasilan yg bs ditabung/diinvestasikan. Smg kita diberi kekuatan utk bs mendapatkan rezeki yg berkah ya kak.

    BalasHapus
  13. Kalo nggak punya pekerjaan memang sulit ya untuk mencapai kemandirian finansial. Kalo ada pekerjaan sampingan sich mang mending banget gitu.

    BalasHapus
  14. Disiplin, konsisten, udahlah itu kunci bisa berhasil kalo punya goal mandiri finansial. Semangaaat kita yang harus nabung untuk anak cucu hihi

    BalasHapus
  15. Mencapai financial freedom bisa jadi impian banyak orang yah, berbagai langkahnya juga harus tepat, biar gak salah ambil keputusan.

    BalasHapus
  16. Mandiri finansial kami dimulai dari membebaskan diri dari jerat utang, Kak. Alhamdulillah, sekarang sudah rutin bikin anggaran, menabung, investasi, dan berusaha meningkatkan pendapatan.

    BalasHapus
  17. Kemandirian finansial ini didukung juga dengan kemauan dan disiplin.
    Kayaknya masih suka tergoda printilan-printilan gemeess, ini juga bikin boncos yaa.. Padahal kayanya nominalnya ga gede, tapi cukup menguras kantongs jugaa..

    BalasHapus
  18. Ilmu begini nih harusnya disharing sejak dini ya biar pada aware sama masalah finansial jd lbh mapan hidupnya

    BalasHapus
  19. Mandiri finansial ini adalah suatu hal yang wajib dipaksakan supaya bisa menuai kebahagiaan dimasa depan. Harus disiplin selagi muda untuk mencapai mandiri secara finansial.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Mohon tidak mengcopas isi artikel tanpa izin. Jika berkenan, silakan tinggalkan komentar dengan sopan. Diharapkan untuk tidak mengirimkan link hidup dalam komentar. Terima kasih atas perhatiannya :)