Putu Felisia : Blog Inspiratif untuk Kehidupan Sehari-hari

Sabtu, 17 Agustus 2024

Mengulik 5 Tradisi Ulang Tahun di Indonesia

Ada yang tahu setiap tanggal 17 Agustus bangsa Indonesia merayakan hari penting apa? Ya, benar sekali. 17 Agustus merupakan hari kemerdekaan Indonesia. Setiap tanggal 17 Agustus, bangsa Indonesia mengadakan perayaan kemerdekaan dengan berbagai cara. Pada hari ini, bangsa Indonesia merayakan kemerdekaan sekaligus hari ulang tahun NKRI.

tradisi ulang tahun indonesia


Selain dengan mengadakan upacara bendera, ada berbagai tradisi 17-an yang diadakan setiap tahun. Namun, tahukah teman-teman, selain tradisi perlombaan, ada juga berbagai tradisi ulang tahun di Indonesia. Kita bahas sama-sama, yuk!



Seperti tertuang dalam lagu Hari Merdeka, hari yang penting ini merupakan hari lahirnya bangsa Indonesia.

17 Agustus tahun 45,

Itulah hari kemerdekaan kita

Hari merdeka, nusa dan bangsa

Hari lahirnya bangsa Indonesia

Merdeka!

Bagi sebagian besar orang-orang, hari kelahiran menjadi hari yang penting dalam kehidupan. Banyak tradisi dalam merayakan hari lahir ini, tak terkecuali masyarakat Indonesia. Tradisi ini, mulai dari yang sederhana hingga yang unik penuh makna. 


Berikut adalah 5 tradisi Ulang Tahun yang umum dilakukan orang Indonesia:

1.   Tumpengan

Kalau sudah menyebut tumpeng, kita pasti langung ingat dengan bentuk kerucut berwarna kuning dengan aneka lauk pendampingnya. Masyarakat di pulau Jawa, Bali dan Madura membuat tumpeng untuk kenduri, acara syukuran maupun perayaan peristiwa penting, seperti kelahiran atau ulang tahun.


tradisi tumpengan
foto dari Canva


Bentuk tumpeng terkait erat dengan kondisi geografis Indonesia, terutama pulau Jawa yang memiliki jajaran gunung berapi. Tradisi tumpeng sudah ada sejak zaman nenek moyang yang masih dekat dengan alam, untuk memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam para hyang atau arwah leluhur. Pada masa penyebaran agama Hindu cukup luas dan memengaruhi masyarakat Pulau Jawa, nasi tumpeng dicetak dalam bentuk kerucut sebagai simbolisasi gunung suci Mahameru, tempat bersemayam dewa-dewi. Ketika agama-agama lain mulai masuk, kepercayaan ini pun bergeser. Fungsi tumpeng akhirnya menjadi bentuk ucapan syukur dalam berbagai acara.

2. Kue Ulang Tahun

Benua Eropa menjadi awal mula tradisi pemberian kue ulang tahun, yang sudah berlangsung sejak pertengahan abad ke-19 terutama di negara-negara Eropa Barat. Namun, menurut sejarahwan hubungan antara kue dan perayaan ulang tahun ternyata sudah ada sejak zaman Romawi Kuno. Penyajian kue keik saat perayaan hari ulang tahun khusus dan pernikahan terlihat dalam budaya Romawi klasik. Kue ini berupa lingkaran terbuat dari tepung yang dikembangkan dengan ragi, serta menggunakan madu untuk citarasa manisnya.

 

tradisi ulang tahun
foto dari Canva

Sebuah toko roti di Jerman, pada abad ke-15 selain kue untuk pernikahan  mereka juga mulai memasarkan kue  satu lapis untuk ulang tahun pelanggan. Kue ulang tahun selama abad ke-17 rumit dan memiliki banyak aspek dari kue ulang tahun kontemporer. Sayangnya, kue ini termasuk barang mewah, hanya tersedia untuk kalangan atas yang sangat kaya. Untungnya revolusi industri membawa perubahan, menjadikan kue ulang tahun komoditi yang lebih terjangkau.

Masyarakat Eropa menyajikan kue pastry atau makanan penutup pada hari ulang tahun. Pada budaya barat kontemporer, satu atau lebih lilin diletakkan di atas kue. Dan orang yang berulang tahun akan meniuplilin menyala tersebut.

Tradisi tersebut akhirnya sampai ke Indonesia, dan masih dilakukan sampai sekarang sebagai bentuk perayaan ulang tahun.


 3. Tradisi Makan Mie

Orang-orang di dataran Tiongkok memiliki banyak makanan yang terkait tradisi seperti kue bulan. Tradisi makan mie juga berasal dari tanah Tiongkok. Mie merupakan makanan pokok yang penting bagi masyarakat Tiongkok. Mie dalam bahasa mandarin disebut mian (simplified Chinese: 面; traditional Chinese: ; atau “mien”, “mein”).

mie ulang tahun


Selama dinasti Han, mie yang biasanya terbuat dari adonan gandum ini menjadi makanan pokok yang menonjol. Kemunculan “Laomian” yang terbuat dari tepung soba, millet dan kacang polong yang kaya pati dengan kadar air yang lebih rendah untuk menjawab permintaan militer dari Dinasti Han Barat. Pemerintah menerapkan teknologi pengolahan makanan serta menghasilkan “Laomian”, makanan lebih mudah disimpan, diangkut dan pastinya terjangkau.


Baca juga:

Tradisi Tahun Baru Imlek Tionghoa


Orang-orang tiongkok punya tradisi makan mie ulang tahun sebagai harapan berumur panjang. Ada semacam kepercayaan kalau mie ulang tahun harus diseruput, sepanjang mungkin serta diusahakan tidak putus. Semakin panjang, maka semakin panjang umurnya. Dalam penyajian mie ulang tahun, beberapa restoran Chinese Food di Indonesia juga menambahkan telur merah sebagai lambang kelahiran.

 4. Makan-makan Bersama

Untuk tradisi yang satu ini, termasuk tradisi yang lebih modern. Biasanya, ketika ada ada yang berulang tahun, terdapat semacam ‘kewajiban’ untuk mentraktir teman-temannya. Bisa jadi dikarenakan masyarakat Indonesia memiliki sifat sosial cukup tinggi.

 

pesta ulang tahun
foto dari Canva

Hanya saja, tradisi ini cukup mengundang pro dan kontra. Ditodong traktiran dengan alasan tradisi ulang tahun pas kantong lagi kering, tentunya bukan hal yang enak. Jika menolak, bisa saja kamu dicap sombong atau pelit. Jadinya serba salah.

 5. Otonan Bali

Tahu nggak, kalau peringatan kelahiran di Bali dilakukan setiap 210 hari (6 bulan) sekali. Tradisi ini disebut Otonan. Dikarenakan orang Bali memiliki penanggalan yang berbeda dari penanggalan umum (masehi)

 otonan bali


Dilansir dari laman bali.kemenag.go.id, otonan berasal dari bahasa Jawa Kuno yakni kata “wetu” atau “metu” yang artinya keluar, lahir atau menjelma. Dari kata ‘wetu” menjadi “weton” akhirnya berubah menjadi “oton” atau “otonan”. Otonan sebagai momen peringatan hari kelahiran yang bertujuan untuk membersihkan seseorang dari segala mala sejak di dalam rahim ibu yang dipengaruhi oleh Sang Catur Sanak (4 saudara tak kasat mata yang dipercaya menemani manusia dari lahir hingga mati).


Kalau ke Bali jangan lupa coba ini:

Makanan Bali No Pork No Lard

 

Otonan pada umumnya diperingati dengan sarana yang disebut banten otonan. Otonan secara spiritual bertujuan untuk membersihkan dan menyucikan diri dengan sarana bebantenan (semacam sesajen).

 

dirgahayu indonesia

Dari ke-5 tradisi yang sudah kita bahas, mana nih yang paling sering kamu lakukan? Atau jangan-jangan ada tradisi perayaan ulang tahun yang unik dan berbeda di daerahmu, share dong di kolom komentar.

Sang Penulis

Baca Juga

Komentar

Tidak ada komentar:

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Mohon tidak mengcopas isi artikel tanpa izin. Jika berkenan, silakan tinggalkan komentar dengan sopan. Diharapkan untuk tidak mengirimkan link hidup dalam komentar. Terima kasih atas perhatiannya :)