Putu Felisia : Blog Inspiratif untuk Kehidupan Sehari-hari

Senin, 30 September 2024

Rekomendasi Drama China Pendek Durasinya Ada yang Tak Sampai 10 Menit!

Beberapa tahun ini, drachin atau drama china sedang naik daun. Biasanya pemirsa suka drama tentang CEO. Cuma banyak juga yang malas nonton drama dari negeri Tiongkok ini karena episodenya konon kepanjangan.

drama china


Menjawab tantangan pemirsa yang suka episode pendek, kini sudah ada drama China yang durasinya mulai dari 3 menit saja. Apa saja judul-judul rekomendasinya? Yuk langsung aja bahas sama-sama!



Drama Romantis China

Drama China, khususnya drama romantis, memiliki keistimewaan tersendiri yang memikat banyak penonton di seluruh dunia. Salah satu daya tarik utamanya adalah kemampuannya menggabungkan elemen tradisional dan modern, sering kali mengambil latar sejarah yang kaya dengan sentuhan kisah cinta yang mendalam. 


Harus nonton Nih!

New Life Begins: Heartwarming Banget!


Karakter yang kompleks dan pengembangan hubungan yang realistis, disertai dengan nilai-nilai moral yang kuat, membuat penonton dapat merasakan emosi yang mendalam. Selain itu, sinematografi yang menawan dan kostum yang megah menambah keindahan visual, menciptakan pengalaman menonton yang tak terlupakan. Dengan penulisan yang cermat dan penggambaran nuansa budaya yang kaya, drama romantis China berhasil menjembatani generasi dan menarik perhatian penonton internasional.


Drama China Dulu VS Drama China Sekarang

Drama China dari dulu hingga sekarang telah mengalami perubahan yang signifikan, baik dalam tema maupun penyajian. Di masa lalu, drama sering kali memiliki alur yang lebih lambat dan penekanan pada dialog. Karena inilah, episode-episode dalam drama China dulu cenderung lebih panjang.

Di zaman dulu, rata-rata drama rating populer seperti AJourney of Flower memiliki total 58 episode. Drama lain seperti Ashes of Love memiliki total 63 episode yang sayangnya memiliki cerita blunder gelonggongan (hanya mengisi durasi)—sengaja panjang saja. Belum lagi cerita-cerita kerajaan seperti The Story of Yanxi Palace dengan total 70 episode dan drama-drama lain yang sengaja dibuat panjang demi meraup cuan lebih banyak.

Pada akhirnya, melihat kualitas drama yang semakin memprihatinkan, The National Radio and Television Administration (NRTA/国家广播电视总局) akhirnya mengeluarkan aturan yang membatasi jumlah episode drama china. Pemerintah Tiongkok saat ini hanya mengizinkan drama dengan jumlah episode maksimal 40. Jika ada pembagian season, maka season berikutnya hanya bisa tayang 2 tahun setelah season sebelumnya.


Pengaruh Duoyin dan Tiktok pada Drama China

Pengaruh Douyin, short video, dan TikTok telah membawa perubahan signifikan dalam industri drama China, mendorong munculnya format drama pendek yang lebih dinamis dan cepat. Dengan karakteristik konten yang ringkas dan menghibur, platform-platform ini mendorong para pembuat drama untuk menciptakan cerita yang lebih padat dan menarik, sering kali berfokus pada tema yang relevan dengan tren dan kehidupan sehari-hari.


Drama China Wuxia remaja:

Review The Blood of Youth


Tren video pendek ini tidak hanya memperluas jangkauan penonton, terutama generasi muda yang lebih menyukai konsumsi konten cepat, tetapi juga mendorong kreativitas dalam penulisan dan produksi. Tentu saja, tidak semua drama pendek memiliki kualitas yang bagus. Banyak drama juga akhirnya terjebak dalam cerita mainstream seputar CEO tadi atau tema revenge dan pelakor.


Rekomendasi Drama Pendek Terbaik

Buat teman-teman yang bosan dengan drama besar dengan aktor yang “lu lagi lu lagi” kalian bisa mencoba beberapa drama pendek berikut ini. Berikut adalah rekomendasi drama China terbaik versi saya dimulai dari urutan bawah:


7. Miraculous Detective in Jianghu

miraculous detective in jianghu


Drama ini bercerita tentang Wen Tong (diperankan Hu Yitao), seorang pendekar berjuluk “Pencuri Berbaju Merah”, dan Gu Jinchen (diperankan Pan Zijian), pemimpin instansi penegak hukum. Mereka bertemu ketika sama-sama menyelidiki kasus "Daftar Wanita Cantik" dan sama-sama mencari cara mencegah pelaku menghabisi nyawa wanita di daftar tersebut. Dalam drama ini ada misteri penyelidikan yang seru berlatar belakang masa Tiongkok Kuno.


6. The Dangerous Lover

the dangerous lover


Drama ini memiliki alur permainan ramalan dan plot masa yang cukup rumit. Hu Tiantian (diperankan Zhao Jiamin) meramalkan pembantaian yang mengakhiri seluruh keluarga Hu. Hu Tiantian sangat ketakutan dan berusaha mencegah tokoh yang ada di ramalan itu—Su Yanli (diperankan Hei Ze) mewujudkan pembantaian di ramalan itu. Saat keduanya terlibat dalam hubungan tarik-menarik yang intens, Hu Tiantian perlahan-lahan mengetahui tentang takdirnya dan Su Yanli yang ternyata lebih rumit dari ramalan tersebut.


5. Deliberation of Love

deliberation of love


Drama ini bertema isekai dan perjalanan waktu. Dikisahkan Lu Qing (diperankan Zhao Jiamin)—seorang wanita modern tiba-tiba berpindah ke dunia kuno menggantikan Liu Yueqing yang terpaksa mati minum racun. Dua kali Lu Qing mengalami loop kematian dengan cara berbeda. Setelah memasuki loop ketiga, Lu Qing bertekad untuk mengubah takdirnya dengan segala cara termasuk menjauhi Pangeran Keenam, Pei Xun (diperankan Richard Li) yang ternyata tidak mau menjauh darinya.


4. A Tale of Love and Loyalty

a tale of love and loyalty


Yang suka tragedi boleh ke sini. Saat negara dan keluarganya berada di ambang bencana, Su Wenyuan (diperankan Ming Jiajia) menulis surat untuk memohon bantuan Pangeran Nanchuan (diperankan Richard Li), menjanjikan imbalan apa pun asalkan sang pangeran mengirim pasukannya untuk campur tangan. Pangeran itu akhirnya tiba, menyelamatkan bukan hanya suami dan anaknya, tetapi juga menyelamatkan Su Wenyuan. Sayangnya, di balik misi penyelamatan itu tersembunyi rencana jahat dari obsesi masa lalu seseorang yang tidak terduga.

3. 东栏雪/Donglan Xue

dong lan xue


Cerita drama ini cukup dark. Drama ini menceritakan seorang dayang bernama Shen Yan (diperankan Qi Xiaxia) yang telah membantu Pangeran Ketujuh Chu Ningyuan (diperankan Jin Chao) dalam berebut takhta sejak dia masih kecil. Keduanya, yang juga memiliki pengalaman tragis, menjadi berhati dingin untuk membalas dendam dan merebut kekuasaan. Mereka terbiasa melihat kegelapan, dan sedikit kehangatan yang tersisa hanya untuk satu sama lain. Chu Ningyuan secara bertahap jatuh cinta pada Shen Yan yang selalu di sisinya, tetapi Shen Yan acuh tak acuh terhadap cintanya, dan bahkan mengambil inisiatif untuk menjodohkan Chu Ningyuan untuk menikahi putri seorang menteri yang kuat demi kekuasaan. Seperti yang dijelaskan, drama ini sangat gelap dan menceritakan tentang cinta dan obsesi yang intens.


2. Hard to Find

hard to find


"Satu impian terbesar, penyesalan terdalam adalah kamu.

Satu kehidupan tiada sesal, hanyalah cinta begitu sulit saling menemukan."

Nukilan epilog tersebut rasanya cukup menceritakan tragedi dalam drama ini. Kalian memang harus menyiapkan tisu ekstra untuk menyaksikan kisah cinta Feng Yuan (diperankan Shen Yujie) dan He Lianxi (diperankan Zhao Yiqin) yang penuh darah dan air mata. Kisah cintanya benaran indah tapi sedih banget 😭

1. An Ancient Love Song

an ancient love song


Drama ini cukup unik karena berawal dari keisengan seorang fans bernama San Qianyu yang mengedit potongan-potongan drama menjadi sebuah video cerita utuh. Cerita San Qianyu ini lalu dibeli Bilibili dan menjadi sebuah drama betulan. Yang menarik lagi, meski berbudget rendah, drama ini dipuji-puji dan mendapat rating tinggi 8.6 di douban. Maklum saja, selain cerita yang istimewa, kostum dan casting drama ini juga sangat bagus, sama sekali tidak memperlihatkan kalau An Ancient Love Song ini adalah drama murah. Kisah drama ini mengambil time reverse atau waktu yang semakin mundur. Di sini kita akan diajak menemani perjalanan Profesor Shen Buyan (diperankan Gao Jianan) menemui ratu tiran Lu Yan (diperankan Zhang Yaqin) sebelum sang ratu dihukum mati.


Yang suka drama china kuliner:

Review Royal Feast


So, itu dia rekomendasi drama china pendek terbaik. Kebanyakan costume drama, sih. Habis belum nemu drama modern yang oke. Apakah kamu tertarik menontonnya?

Sang Penulis

Baca Juga

Komentar

13 komentar:

  1. Sepertinya daku belum tertarik buat nonton, karena genrenya kurang memikat. Mungkin kalo seperti petualangannya si Journey to the West daku mau nonton

    BalasHapus
  2. Wah banyak juga nih referensi drama Chinanya, durasinya pendek-pendek ya jadi bisa lihat saat jam istirahat ya, ingin coba nontonnya

    BalasHapus
  3. Dracin pertama yang saya tonton itu si Ular Putih yang tayang di TV swasta. Itu memang panjang sekali. Dan sejujurnya, drama itu bagusnya maksimal 20 episode saja. Jadi tidak membosannya. Jangan seperti sinetron yang panjang dan lama, akhirnya tokoh aru dihadirkan terus agar konfliknya bertambah,

    BalasHapus
  4. Kalo satu episode ga sampe 10 menit gak masalah yaa. Maraton nonton seharian juga kelar wkwkw. Semua drachin ini bisa ditonton di aplikasi apa, Kak Felis?

    BalasHapus
  5. Suka dengan drama China edisi kisah lama alias jadul itu sama pakaiannya yang panjang alias tertutup.
    Jauh beda kan sama gaya dan style sekarang pada seksi begitu...
    Btw saya juga suka drama China yg durasinya pendek. lebih pendek ceritanya lebih cepat selesai jadi emang gak bosen juga sih

    BalasHapus
  6. Mirip istri saya kalo nonton Dracin, nggak mau yang durasinya lama, maunya yang durasi singkat. Katanya kelamaan, wkwkwk... Eh sekarang malah sudah ada nih Dracin yang durasinya pendek

    BalasHapus
  7. Akhirnya ada yang ngebahas drama China mini series gini! ngga drakor melulu hehehehe. Buat yang lagi nyari tontonan ringan buat ngisi waktu luang, dan list ini jadi penyelamat banget. Langsung cus deh coba buat nonton!

    BalasHapus
  8. Semua dramanya berlatar masa lampau atau kerajaan kayaknya ya, Kak. Aku radha nggak suka sih sama drama yang mengambil latar kerajaan. Cuma memang kalau drama China emang biasanya lebih pendek ketimbang drama Korea sih per episodenya.

    BalasHapus
  9. Serius ada Dracin yang cuma 3 menitan doang? Anak muda sekarang pasti pada suka banget dengan drama yang punya durasi pendek kaya gini dan memang asli, sering banget tuh lewat di beranda reels FB dracin-dracin dengan durasi pendek tapi alurnya tempat make sense dan justru sangat menarik untuk diikuti

    BalasHapus
  10. Ini dramanya bener-bener super pendek ya durasi waktunya. Saya mau banget nonton yang pendek-pendek gini. Thanks untuk rekomendasinya.

    BalasHapus
  11. Iya, sekarang di beberapa platform streaming film juga ada pilihan nonton drama Cina pendek ini. Awalnya saya kaget sih, tapi ternyata mulai jadi kebiasaan ya gara-gara pengaruh dari TikTok. Saya juga suka nonton sih, ya bayangkan saja, dalam 10 menit sudah kelar ceritanya. Hehehe. Jadi bisa nonton yang lain.

    BalasHapus
  12. Aaaaa, sukaaaa! Waktu masih kecil sih demen nonton drama China yang sepanjang jalan menuju masa depan. Tapi sekarang, dengan berbagai kesibukan khas orang dewasa, jadi lebih suka nonton yang pendek-pendek aja.

    BalasHapus
  13. Aku pernah kecanduan nonton drama china pendek.
    Hehhee, luar biasa siih.. meski durasinya pendek, jalan ceritanya yang dipadatkan, tetapi untuk chemistry antar pemainnya, bener-bener gak bisa dibohongin. Cakeepp beneeerr~

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Mohon tidak mengcopas isi artikel tanpa izin. Jika berkenan, silakan tinggalkan komentar dengan sopan. Diharapkan untuk tidak mengirimkan link hidup dalam komentar. Terima kasih atas perhatiannya :)